Tuesday, April 21, 2009

Saatnya saya Bergerak

Bukanlah suatu alasan untuk semua orang kalau tidak bisa bergerak hanya karena kekurangan fasilitas. Walau memang fasilitas elektronik ataupun transportasi merupakan faktor penting dalam setiap pergerakan manusia tapi kalau dipikirkan secara mendalam tidak memiliki segala fasilitas pun kita dapat bergerak untuk melakukan sesuatu. Seperti semut mereka dapat mengangkat barang yang lebih besar dari tubuh mereka yang jika kita pikirkan itu adalah hal yang mustahil bagi seekor semut. Berbeda dengan seekor gajah, bertubuh besar namun membawa barang kecil. Hal ini menandakan tidak semua fasilitas yang kita miliki dapat membuat pekerjaan kita menjadi besar. Hal kecil yang kita milikilah yang mampu membuat sebuah pergerakan akan menjadi bermanfaat, hal kecil lah yang membuat sesuatu menjadi lebih terlihat, dan hal kecil lah yang membuat perencanaan menjadi sempurna. Banggalah pada apa yang kita punya walau itu sekecil debu di jalan raya, karena hal kecil akan menjadi besar jika diiringi hal kecil lain yang kita miliki seperti debu yang menumpuk di atas bingkai foto.

Manfaatkan segala apa yang kita punya, jangan jadi parasit, menempel pada seseorang yang memiliki hal besar yang tidak akan kita miliki. Sekecil apapun apa yang kita miliki akan sangat berarti jika didedikasikan untuk sekitar kita. Berbeda dengan hal-hal besar yang sulit di bagikan karena keegoisan pemiliknya. Karena "ukurannya" yang besar beberapa orang akan sulit untuk berbagi, berbeda dengan hal yang "berukuran" kecil yang biasanya tidak perlu dipikirkan untuk dibagikan.
Memberi lebih mulia dari pada menerima, semua orang pasti tahu akan hal itu. Tapi mengapa banyak orang yang sulit berbagi. Hal itu karena setiap orang menginginkan hal yang besar terjadi dalam hidupnya, namun sesuatu tidak akan terjadi karena tidak ada perkembangan dalam dirinya. Berbeda dengan orang yang ingin berbagi sesuatu terjadi dan ada pembentukan disana, walau tak nampak seperti udara di sekitar kita tapi itu lebih berarti dari pada pasir di padang gurun yang berlimpah namun tidak berguna sama sekali, tandus, gersang, dan tidak ada kelembapan.
Memang sulit rasanya untuk memilih hal yang besar atau yang kecil, namun jika kita membandingkan hasil yang didapat kita akan dan harus memilih hal kecil mulai sekarang. Fasilitas bukan lah yang terpenting namun dedikasilah yang diharapkan. Dedikasi pada Yang Kuasa, pada keluarga, pada kekasih, pada sahabat, pada teman, pada pendidik, pada sesama, dan pada lingkungan. Saatnya bergerak tanpa meronta-ronta terhadap fasilitas, saatnya bergerak dengan hanya hal kecil ditangan, saatnya bergerak dengan harapan, saatnya bergerak dengan mimpi sesama, saatnya bergerak membawa perubahan. Dan akhirnya kita akan duduk diam dengan kepuasan dan hasil jerih payah kita selama bergerak hanya dengan hal kecil, kita akan terdiam karena melihat hal kecil kita telah berubah menjadi hal yang besar, serta kita akan bahagia selamanya karena dedikasi kita dihargai dengan harga yang hanya diberi Yang Kuasa bukan manusia.
Saya akan bergerak dengan kemampuan saya untuk membantu teman-teman saya menggerakkan BEM Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman. Dengan Hal kecil kita bisa teman-teman.

10 comments:

  1. .semangat lah brother. jgn gampang mengeluh. yg kecil sungguh bguna tnp mliad bntukx.

    ReplyDelete
  2. yep berjuaaaang untuk bergeraaaak ! semangat ya ! :D

    ReplyDelete
  3. nice posting bro !
    mindset saya sendiri terkadang "saya tidak bisa kalau tidak ada ini"
    dan lain sebagainya..
    tetap semangad bro !! :)

    ReplyDelete
  4. nice posting Aan ..
    setuju banget ama tulisanmu, ngga semua orang bisa "memiliki" sesuatu, tapi bukan berarti kita tidak bisa memberi. Baca ini jadi inget cerita ttg "persembahan janda miskin". Bukankah TY sendiri bilang, ini dia pemberian yang paling besar, memberi dari kekurangan..
    keep the faith AAn!

    ReplyDelete
  5. @Anonymous...
    Thanks dah baca bro/sist..entahlah..siapapun kamu aku yakin kamu temanku...dan kita setuju hal kecil bukan berarti gak berguna

    @Zettazet
    makasih buat semangatnya sista..^^

    @Lukisan Abstrak
    saya tidak bisa kalau tidak ada ini sudah menjadi pemahaman semua orang..dan itulah yang harus kita rubah....

    @mommy Laurencia
    dan karena mengetahui kalau pemberian kecil adalah pemberian yang besar membuat saya bersyukur sama TY selalu

    ReplyDelete
  6. Semangat, kawan! nggak akan pernah ada yang sia-sia dalam setiap usaha... ^_^/

    ReplyDelete
  7. yap emang benar untuk mengubah dunia yang kita bisa kita mulai dengan melakukan kebaikan kecil yang tulus :)

    ReplyDelete
  8. you can do anything if you thing you can

    ReplyDelete
  9. ayo bergerak
    dan bergerak-gerak...

    ReplyDelete
  10. *Memberi lebih maik dari menerima*
    SETUJU! emang susah! tapi mesti kita biasain dong..
    ayo berjuang dengan apa yang kita bisa! Jangan menyerah! *lagunya d'masiv" hehehe

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar.
Mari kita bertukar Link.
Kunjungi http://5setia.blogspot.com/2007/07/temen-kuw.html untuk LINK EXCHANGE